Brownis panggang rasa brownis kukus

Hoho… lumayan lama nih gak nulis. Banyak banget sbenernya yang mau di sharing, cuman kalo udah dateng males, jadi males mau ngapa-ngapain. 😀photo_2018-10-16_18-20-33

Anyway, seperti gambar di atas. Beberapa waktu yang lalu (very..very..very.. LATEPOST),  for the first time gue bikin brownis panggang. Eits…. no..no…no…. ralat!!! Dulu pernah waktu jaman kuliah  bikin brownis bareng temen-temen kuliah. Jaman-jamannya brownis baru happening.. kalo gak salah dulu hasil akhirnya failed deh. kue nya jadi bantet gitu.. hahaha…

Jadi yang kemaren itu kali kedua nya gue bikin brownis. Browsing sana sini resep nya yang mudah. akhirnya dapet.

bahan-bahanya  :

  • 110 gr Tepung Terigu
  • 35 gr Coklat bubuk
  • 150 gr Dark Chocolate
  • 50 ml Minyak sayur
  • 50 gr Mentega
  • 150 gr gula pasir
  • 2 butir Telur
  • Almond ( for topping)

cara bikin nya  :

lelehkan dark chocolate, mentega, sama minyak sayur .

photo_2018-12-02_16-53-51

Cara lelehkan coklatnya, gue pake cara menempatkan mangkuk yg berisi coklat kedalam mangkuk yang diisi air panas.. bingung gak? hahaha…

aduh sorry.. redaksional nya kayanya kurang pas… hihiihi

 

 

dan sisihkan dulu…

selanjutnya, kocok telur dengan gula. Kali ini gue kocoknya pake mixer.

lalu masukan tepung terigu dan coklat bubuk yang sudah diayak.  Dan kocok kembali..

Setelah itu, campur adonan tadi dengan adonan coklat yang sudah dilelehkan

Kocok kembali…

Dan setelah smua tercampur, masukan kedalam loyang dan beri toping almond diatasnya. Lalu panggang.

Kemarin waktu bikin, gue panggang sekitar 30-40 menitan kalo nggak salah. Pokoknya ‘tes tusuk’ aja.. kalo sekiranya masih basah, brarti belum matang..

and.. tadaaaa…….

photo_2018-10-16_18-20-33

sungguh penampakannya kurang bagus… hahaha….

tapi biarin lah… gue mah pede aja post dan share ini. namanya juga baru belajar. hihihi

Soal rasa, otomatis setiap gue baking di rumah, pasti ibu gue nyobain. Kata ibu gue sih : enak, kaya brownis beneran, bukan bolu coklat.

😀 😀 😀

 

 

Balik lagi ke titled di atas. Brownis Panggang rasa Brownis Kukus.

Kalo kata gue sih rasanya kaya brownis kukus. Gue sendiri sempet bingung, salah nya dimana.

Next bikin yang lebih baik lagi lah….

bye-bye everybody….

 

cheers!

@RumahCimahi. December 2, 2018. 06;17PM

Advertisements

Chicken Dimsum

photo_2018-07-22_18-16-49

 

Suami gue, suka banget sama dimsum ayam. Begitupun sama gue. Apa aja olahan ayam pasti gue suka (emang dasarnya doyan makan aja.. hahaha). Gue penasaran bikin dimsum sendiri. Browsing-browsing resep sih kayanya gampang aja… tapi nyatanya, gue bikin beberapa kali.. belum ada dimsum yang enak banget dan belum dapet juga teksur dimsum yang bener bener gue pengen.  Tekstur yang pas banget… nggak keras dan nggak lembek.

Pertama kali gue bikin, tepung sagu nya kebanyakan… gue kaya bikin adonan bakwan aja gitu.. hahaha… jadi hasilnya malah keras. Lebih dominan tepung dibanding ayam nya.

Yang kedua bikin, gue pake tepung sagu nya udah dikurangin dari resep yang pertama. Hasilnya, ok lah… nggak keras kaya yang pertama bikin.. tapi masih belum yang seperti gue mau..

Yang ketiga yang kemarin gue bikin. Ini bahan-bahan yang gue pake :photo_2018-07-22_18-17-03

  1.  daging ayam cingcang kasar (1/2kg)
  2. bawang putih ( 2 cloves)
  3. tepung sagu (1tbsp)
  4. tepung terigu (2tbsp)
  5. minyak wijen (1tsbsp)
  6. garam- merica-gula (sesuai selera)
  7. parsley flakes (optional)
  8. kulit pangsit
  9. wortel (diparut)

 

Sebenernya, di resep-resep kebanyakan pake campuran ayam dan udang. Kalo gue pake nya ayam aja. Karna emang lagi nggak punya udang. hehhe…

Kali ini emang sengaja pake campuran 2tbsp tepung terigu dan 1tbsp tepung sagu.. Jd totalan 3 sendok buat per-tepung-annya, biar adonan nya gak terlalu keras (sotoy😂)

photo_2018-07-22_18-16-59Setelah gue mix smua, adonan siap dibungkus kulit pangsit. Beli kulit pangsitnya yang khusus buat di kukus atau di rebus yah.. jadi kulit pangsitnya agak lembek..

cara bungkus nya pun, dulu waktu pertama kali bikin, gue gak bisa gimana cara nya bungkus dimsum yang bener. Acak-acakan deh.. hahahah… browsing- browsing lah di youtube gimana cara bungkus dimsum atau siaomay. liat video sih kaya yang gampang, tapi kalau pas dipraktekin, ternyata susah.. hahaha… sampe sekarang juga, tetep aja bentukannya masih kurang bagus. hahah…

 

Oiya, btw.. pinggir wortel yang di pic itu air yah.. fungsinya buat jd perekat gitu.. biar kulitnya nempel..

dan jangan lupa.. kasi toping wortel diatasnya biar tampak manis gitu bentukan dimsum nya.. hihihi…

photo_2018-07-22_18-16-55

Dan siap dikukus.. kira-kira skitar 30-40 menit-an lah… atau lebih juga gak apa-apa..

kemari pas gue bikin, dikukus nya cuma skitar 20 menit-an.. dan kulitnya masih keras. hahah..

photo_2018-07-22_18-16-49jadi deh……

Yang kali ini lumayan better lah dari yang kedua, meskipun belum perfect banget.. tekturnya udah lumayan.. lebih dominan ayam dibanding tepungnya..

Soal rasa.. enak dong… pak suami tetep suka… 🙂

 

hhmmmm…besok-besok bikin apa lagi yah….

see u di cerita masak selanjutnya….

bye….

 

Cheers!

 

july 24. 2018. 08.18pm. at RumahCimahi

 

 

 

 

 

 

 

Banana Nugget

Happy new year Gengss…….

Pisang.

Mau jadi olahan apapun pasti enak.. Setelah kemarin- kemarin gue bikin es pisang coklat, banana choco muffin, banana cheese almond. Minggu lalu, kebetulan dirumah lagi ada pisang lagi yang udah mateng dan kalo di besok-in pasti busuk. Buru-buru aja  pisang nya gue olah jadi banana nugget. Ini cemilan banana nugget lagi happening karna rasanya enak, dan bikinnya simple, nggak jauh beda sama bikin chicken nugget.

For ingredient, yang kita butuhkan :

  • pisang
  • tepung terigu
  • telur
  • gula pasir
  • SKM
  • vanili
  • tepung panir
  • keju/ceres ( for topping)

Cara bikinnya :

Hancurkan pisang pakai garpu. Bisa pake pisang apa aja, yang penting udah mateng. kali ini gue pake pisang ambon skitar 10 buah.

Mix pisang yang sudah dihancurkan dengan 6 tbsp terigu, 3 tbsp gula, 1bks vanili, 1 butir telur, dan susu kental manis(SKM) sesuai selera sampai rasanya manis yang kamu mau. Gue pake gula nya sengaja cuma 3 sendok makan aja, manis nya gue dapetin dari SKM nya.

Campur smuanya sampai rata. Masukin loyang  lalu kukus with medium heat skitar 15 sampai 30 menit-an. Kalau adonan sudah keras, angkat. Dan dinginkan..

Sambil menunggu dingin, campur terigu dengan air untuk bahan celup-an tapi jangan terlalu encer. Dan setelah adonan dingin, potong-potong adonan sesuai selera, celup ke adonan terigu. lalu balur dengan tepung panir. Prosesnya sama seperti kita bikin chicken nugget.

Lalu goreng. Stelah warna nya jadi ke-emas-an angkat. Dan beri topping ceres atau keju sesuai selera..

photo_2018-02-23_20-22-31

And tadaaaaaa…… jadi deh banana nugget ala diwanidiwan… :))

Simple kan bikinnya.. dan dijamin anti failed.

Anyway, bagi yang mau mencoba selamat mencobaa yaa….. :*

bye-bye..

 

Cheers!

at RumahCimahi. February 23. 2018. 20.32 PM.

Banana cheese almond muffin

IMG_20171119_103531

Latepost. Bikin muffin ini skitaran 2 mingguan lalu. Tapi, baru share disini sekarang.

Anyway… gue lagi seneng baking. Setiap pulang ke rumah yang di ekek, pasti bawannya pengen ngolah sesuatu..

2 mingguan lalu, karena kebetulan mau nengokin temen yang baru lahiran, iseng aja pengen bawa kue bikinan sendiri. Yang paling gampang sih ya bikin muffin, karena udah beberapa kali bikin. Bahannya mudah dicari. dan jarang failed. Kali ini karena lagi ada almond jadi bikin muffin banana cheese almond.

Resepnya yang gue pake masih sama kaya banana choco muffin yang sempet gue post beberapa waktu yang lalu. Cuman gak pake coklat, dan kali ini ditambah cheese aja, dan untuk toppingnya pake almond. Karena bikinnya cukup banyak, jadi gue doble resepnya.

buat bahan-bahan yang gue pake :

  • 500gr tepung terigu
  • 2 butir telur (kocok lepas)
  • 200gr gula pasir
  • 250gr mentega (cairkan dan dinginkan)
  • 1/2sdt baking powder
  • 1/2sdt soda kue
  • pisang (6 buah)
  • Cheese
  • almond (for topping)

cara bikinnya :

  • adonan basah : hancurkan pisang. tambahkan kocokan telur dan mentega yang sudah di cairkan. lalu aduk rata.
  • adonan kering : ayak tepung terigu, baking powder, soda kue. tambahkan gula pasir . lalu aduk rata.
  • mix adonan basah kedalam adonan kering. dan campurkan cheese.
  • siap kan cup muffin. lalu isi skitar stengah cup. kasih topping almond diatasnya.
  • baking skitar 40 menit an.

dannn jadi deh….

banana nya sih kerasa banget.. cuman cheese nya kurang berasa. soalnya cheese yang gue pake seadanya yang di kulkas aja.. tapi not bad lah rasanya… tetep enak ko…

yang mau mencoba, selamat mencoba… 🙂

byebye…

Cheers !

at RumahCimahi. December 04, 2017. 18.50PM

 

 

 

Overnight Oats (part 1)

Minggu lalu beli oatmeal dengan niatan pengen diet. Rencana nya mau ganti nasi pake oatmeal. Dan kenyataanya oatmeal nya baru dimakan pas sarapan aja.. lunch nya masih tetep makan nasi. hahahah….

Kenapa masih dimakan pas sarapan, soalnya olahan yang baru gue dapet dan enak menurut gue ya bikin overnight oats ini. dan olahan ini passss banget dimakan buat sarapan ato nyemil malem deh..

Overnight oats ini bikinnya gampang. Stelah gue googling, kebanyakan resep yang dibutuhin buat bikin overnight oats ini : oatmeal (udah pasti), susu, yoghurt, dan topingnya (bisa buah2an, kacang, coklat,dll), ada juga tambahan pake madu dan chia seed.

Bahan-bahan yang gue pake kali ini yang utama nya aja: oatmealnya gue pake Quaker Oats. Susunya gue pake Ultra UHT yang full cream. Yoghurtnya pake cimory yang original. dan topingnya gue pake buah mangga. Gue gak pake madu soalnya madu nya lagi habis. Gak pake chia seed juga soalnya belum nemu beli dimana.

photo_2017-11-10_20-27-09

Siapkan jar yang ada tutupnya. pertama-tama masukan oatmeal-nya stengah jar aja.

Lalu masukan susu dan yogurt sampai oatmeal terendam. dan terakhir masukan mangga diatasnya

lalu tutup rapat jar-nya. dan simpan di lemari es overnight. Semalaman.

Overnight oats ini bagusnya dibikin malem-malem, jadi  pagi-nya siap disantap buat sarapan….

to be honest, yang part 1 ini rasa nya enak. cukup berhasil bikinnya. Manis nya didapet dari mangga yang udah manis. Cuma menurut gue, rasa asem yoghurt nya kurang. soalnya perbandingannya lebih banyak susu dibanding yoghurt nya. Mungkin harusnya pake yoghurt nya yang greek jadi lebih kerasa asem nya. Dan toping buahnya menurut gue kurang banyak. 🙂 🙂 🙂

tapi tetep ko Overnight oat ini tetep enak, dan gak bikin kapok bikinnya. hahaha

next di part 2 dibikin enak lagi deh…

byebye…

cheers!

at RumahCimahi. November 10, 2017. 21.04 PM

 

 

 

 

(the real) chicken nugget

Karena bosen masak ayam cuma gitu-gitu aja. Kemarin minggu gue iseng bikin chicken nugget. Ini kali ketiga nya gue bikin chicken nugget sendiri. yang pertama bikin gagal, yang kedua lumayan, dan yang ketiga ini berhasil. malah sempet mikir : “apa gue bikin usaha chicken nugget aja gitu yah?” hahahah.. we’ll see.

Anyway for recipe, gue gabungkan resep dari temen gue widi dan resep dari my mom. Dan yang kita butuhkan adalah :

  • 1kg daging ayam.
  • 10 lembar Roti tawar
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir telur
  • royco ayam, merica, sedikit gula
  • 3tbsp air es

untuk bahan celup nya :

  • 1 atau 2 butir telur
  • tepung panir

cara bikinnya :

photo_2017-10-10_19-44-40

cingcang atau blender daging ayam. Ambil bagian dagingnya aja dan tanpa kulit ayam.  lalu masukan bawang putih yang sudah dihaluskan.

Siapkan roti tawar, buang pinggirannya. rendam roti tawar kedalam air selama 3 detik, lalu peras airnya dan campur ke dalam campuran ayam yg sudah di cingcang tadi.

photo_2017-10-10_19-44-18

Lalu masukan 2 buah telur, dan aduk kembali.

Masukan royco ayam dan merica bubuk sesuai selera. dan masukan 3tbsp air es dan aduk rata lagi.

Setelah semuanya tercampur, lalu masukan kedalam loyang yang sudah diolesi minyak, dan kukus selama kurang lebih 30 menit.

Setelah dikukus, cetak sesuai selera. lalu celup kedalam kocokan telur dan balur dengan tepung panir. Setelah itu freeze selama kurang lebih 1 jam. Dan chicken nugget siap untuk di goreng.

photo_2017-10-10_18-47-49

And tadaaaaaaaa…… chicken nugget by diwan jadi deh… :)) Buat pelengkapnya dimakan sama kentang goreng dan di cocol ke saos jadi mantaappp deh..

Bikin chicken nugget kali ini terbilang berhasil. Soalnya kata sodara-sodara katanya enak. Kponakan gue yang kecil aja suka banget. Sampe gue dapet pesenenan buat bikin lagi. lumayan katanya buat bekel ke sekolah.. alhamdulillah..

Dan ini real chicken nugget, tanpa bahan pengawet dan kualitas terjamin. 🙂

Yang mau mencoba… selamat mencoba 🙂

Bye…

Cheers!

at RumahCimahi. October 12, 2017

 

 

Mango thai (semau gue)

Sekarang lagi hits banget yang namanya Mango thai. Minuman asal Thailand.

Karena belum kesampaian beli mango thai nya King Mango. Yang konon katanya belinya aja harus ngantri lama dan harga  per-porsinya Rp. 50.000. Alhasil kemarin waktu libur, gue bikin mango thai ala-ala gue..

bikinnya pun semau gue.. :))

buat lapisan pertamanya gue bikin jus mangga kaya biasa aja. cuman gue pake gula nya sdikit. dan bikin jus nya super kentel..

buat lapisan keduanya, berhubung gue lagi gak punya  whiped cream, gue pake ice cream vanilla aja. Meskipun diganti pake ice cream vanilla, rasanya tetep enak aja ko. heheheh…

buat lapisan ketiganya gue skip bagian es serut mangga. karna berhubung bahannya gak ada.

Dan buat lapisan paling atas, baru deh gue kasih potongan potongan mangga nya.

and taddddaaaaaa…. jadi deh mango thai  ala diwan…

photo_2017-09-24_19-12-18

enakkkkk asli…. segerrrrrr….passsss banget disantap kalo cuaca yang akhir-akhir ini lagi panas mentereng…

soal Rasa, karna jusnya gak begitu manis jadi manisnya di dapet dari ice cream vanilla..

oiya fyi, waktu gue bikin jus mangga nya, airnya sdikit aja.. banyakin es batu biar jusnya nya super dingin.. jadi itu lebih nikmat. soalnya kalo jusnya gak dingin, itu jadi anyep gitu.. kurang nikmat.

yang mau mencoba bikin, selamat mencoba… 🙂

bye bye…

Cheers!

at RumahCimahi. september 24, 2017.